Pages

Sabtu, 28 April 2012

Menulis Dengan Hati

Menulis Dengan Hati

Sebuah tulisan mempunyai pengaruh yang sangat besar, karena ia adalah kepanjangan dari lisan kita. Imam Al-ghazali (seorang birokrat yang kemudian menjadi seorang sufi ) pernah berdialog dengan muridnya tentang enam hal. Satu diantaranya Beliau bertanya apa yang paling tajam dimiliki manusia, maka jawabannya adalah lisan. Pepatah mengatakan ” andaikan pedang melukai tubuh adakan harapan sembuh, tapi bila lidah melukai hati kemanakan obat dicari”,maaf kalau salah pribahasanya.
Oleh karenanya ketika kita akan menulis (pendapat pribadi), bukan hanya mengedepankan data ilmiyah yang katanya harus memiliki rasionalitas yang tinggi, akurat, dapat dipertanggungjawabkan, tapi harus disertai dengan bahasa hati( apakah tulisan ini bermanfaat, tidak menyakiti orang lain, ataukah justru kalau tulisan ini dipublikasikan akan membawa keburukan).
Kenapa bahasa hati, hati adalah tempat kejujuran, hati adalah tempat kebenaran, disitu tidak ada kebohongan (Ali bin Abi Thalib r.a pernah mengatakan kalau engkau ingin saksi yang adil, tidak berbohong, jujur maka jadikanlah hatimu sebagai saksi.
Tulisan yang ditulis dengan hati, siapapun yang menulis akan ada kejujuran didalamnya, lihat siapa penulis “seratus tokoh yang berpengaruh didunia”, Michael Hart, dia bukan seorang muslim tapi menempatkan Muhammad SAW sebagai orang nomor satu yang berpengaruh didunia, kenapa ini bisa terjadi, karena ia menulis dengan hati.
Perlu kita pahami sekali lagi tulisan kita adalah kepanjangan lisan kita, dan lisan kita adalah kepanjangan dari hati kita. Tulisan yang dilandasi oleh hati walaupun mengkritik, maka kritiknya bukan menjatuhkan tapi justru membangun. Karena didalamnya bukan hanya kritik saja yang disampaikannya, tapi juga solusi.
Jangan pernah kita berprinsip bisa mengkritik tapi tidak mau dikritik. Menerima kritikpun harus dengan hati, kita harus yakin bahwa ketika orang lain mengkritik itu menunjukan kepada kita bahwa mereka menginginkan kita menjadi lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar