Pages

Senin, 07 Mei 2012

Kreatifitas Menulis


KREATIFITAS MENULIS

Menjadi penulis tidak harus dari kalangan Pelajar atau Mahasiswa, Orangyang tidak tamat SD sekalipun sebenarnya bisa menulis. Tapi proses kreatifdalam penyampaiannyalah yang membedakan.
Karya tulis memang menuntut kreatifitas penulis dalam menyampaikan danmenuangkan gagasan. Yang mana bagaimana caranya agar pembaca bisa memahami danmengerti dengan maksud dan tujuan dari apa yang ditulis.
Penulis juga haruslah kreatif dalam memilih judul dan tema agar menarikperhatian pembaca. Karena judul bisa diibaratkan organ tubuh yang palingpenting. Kurang menariknya judul, membuat pembaca enggan untuk melanjutkan membaca.
Contoh,
Judul 1 : MAU KAYA HARUS KERJA
Judul 2 : TIDAK USAH KERJA KALAU MAU KAYA
·         Pada judul yang pertama, itu sudahlan merupakan sesuatu yang lumrah dansemua orang sudah tau tanpa harus dijelaskan. Pembaca pun akhirnya engganmelanjutkan membaca.
·         Untuk judul yang ke dua, itu sangatlah tidak mungkin bagi sebagianorang, tapi bagi otak kanan itu sangatlah mungkin. Lah kok ? bagaimana mungkinbisa Kaya kalau tidak bekerja ? Penasaran kan ? sama, saya juga penasaran...
Nah itulah yang dimaksud dengan kreatif, yang mana si pembaca merasapenasaran untuk membaca isinya.
Kemudian kreatifitas pemasaran, disini saya mengutip cerita AndreasHarefa. Sebelum menulis, perhatikan dahulu target pasarnya, semisal target kitaadalah para pelaku bisnis Multi Level Marketing (MLM). Kita bisa langsungmenawarkan dahulu berupa kerangka karangan ke perusahaan-perusahaan MLM sebelumkita tulis. Dan jelas, harus menarik perhatian supaya Client tertarik denganapa yang akan kita tulis. dalam ceritanya Andreas Harefa terbukti berhasildengan sistem ini, dengan menawarkannya kepada CNI, kemudian tertarik, lalumemesan dalam jumlah banyak sebelum terbit.
Jadi, Mari menulis kreatif.....

0 komentar:

Posting Komentar